Selasa, 05 Januari 2010

sihir itu memang ada..!!!!

Hakikat Sihir
(Ust. H. Maman Surahman, Lc,.M.Ag Hp.081585460400)
Sihir itu memang ada…
a. Apa itu sihir ?

Secara etimologi bahasa, sihir berarti segala sesuatu yang lembut dan samar sebabnya. Dikatakan as sahur karena ia dilakukan secara rahasia/tersembunyi diwaktu akhir malam.
Sihir juga memiliki sinonom al ukhdzatu darn segala sesuatu yang lembut dan kecil maka disebut sihir. Sihir juga berarti menipu.
Adapun secara istilah syar’I, sihir adalah sesuatu hal yang aneh , mirip dengan sesuatu yang terjadi diluar kebiasaan –meskipun tidak demikian-, karena hal tersebut bisa dipelajari dan untuk mendapatkanya maka ia harus meminta bantuan dengan melakukan pendekatan kepada syaitan dengan melakukan perbuatan-perbuatan buruk, baik secara lisan, perbuatan, atau keyakinan.
- Lisan (ucapan) : seperti mantra yang didalamnya terdapat kalimat-kalimat syirik dan memuji syetan serta menundukanya
- Perbuatan (amalan) : seperti menyembah bintang-bintang atau melakukan pembunuhan serta perbuatan fasik (yang keluar dari perintah agama) lainya
- Keyakinan (itikad) : seperti menganggap baik terhadap hal-hal yang dapat mendekatkan dirinya kepada syetan danmenimbulkan rasa cinta kepadanya.
Jumhur Ulama (mayoritas ulama) menafsirkan sihir sebagai suatu perbuatan yang diluar kebiasaan, yang muncul dari jiwa yang jahat dengan cara melakukan amalan-amalan secara khusus.
b. Apakah sihir itu memang ada dan punya dampak ?
Ya benar sihir itu memang jelas ada dan memiliki pengaruh. Itulah pendapat yang sahih (benar) sebagaimana dikatakan Jumhur Ulama (mayoritas ulama) dan itulah yang dipegang oleh kalangan Ahlu Sunnah wal Jama’ah disetiap masa. Hal ini tentunya berdalilkan Al Quran dan As Sunah as Sahihah yang telah masyhur.
Jumhur ulama telah menetapkan adanya sihir dan pengaruh sihir, meskipun ada sebagian ulama yang menafikan (meniadakan) sihir dan menganggapnya hanya sekedar khayalan-khayalan yang bathil (tidak benar adanya), tetapi pendapat yang menafikan ini mardud (tertolak) karena adanya dalil-dalil yang menegaskan mengenai adanya sihir sehingga akal pun tidak dapat mengingkarinya bahwa sesungguhnya Allah ta’ala telah memberikan sesuatu diluar kebiasaan yaitu ketika tukang sihir itu mengucapkan kata-kata mantra atau menyusun benda-benda atau mencapurkan antara banyak kekuatan dengan cara yang khusus dan tertentu.
Adapun dalil-dali yang melandasi pendapat jumhur ulama bahwa sihir itu benar-bena ada dan mempunyai pengaruh :
A. Al Qur’an
1. Firman Allah Swt : (QS Al A’raf :116)
Artinya : “mereka menyihir (menyulap) mata orang dan menjadikan orang banyak itu takut, serta mereka mendatangkan sihir yang besar (menakjubkan)”
2. Firman Allah SWT ( QS Al Baqoroh:102)
Artinya : “ maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang suami dan isterinya”
3. Firman Allah SWT (QS Al Baqoroh:102)
Artinya : “dan mereka itu (ahli sihir) tidak member mudarat dengan sihirnya kepada seseorangpun kecuali dengan izin Allah”
4. Firman Allah SWT (QS Al Falaq:4)
Artinya: “dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menhembus pada buhul-buhul (dari tali)”
B. Al Hadits
Jumhur Ulama berdalil dengan hadits tentang sihir yang menimpa Rasulullah SAW yang diriwayatka oleh Imam Bukhari dan Muslim, dimana seorang yahudi (Lubaid bin Ashom) telah menyihir Nabi SAW, sehingga Nabi juga sakit selam nenerapa hari, kemudian Nabi SAW dapat sembuh dari sihir itu dengan bantuan malaikat Jibril dan Mikail) yang telah mengeluarkan ikatan sihir dari tempatnya, sehingga beliau dapat sembuh (sehat) kembali dan seakan-akan terlepas dari ikatan (sihir).

Al Qodhi Iyadh mengatakan : sihir adalah salah satu jenis penyakit yang meungkin menimpa Nabi SAW sebagaimana jenis penyakit lainya, sesuatu yang tak mungkin untuk diingkari, dan ini sama sekali tidak menyebabkan cela atas kenabianya.
Karena hal itu tidak termasuk sesuatu yang dapat merusak kejujuranya, karena terdapat dalil dan Ijma (konsesus) Ulama atas kemaksuman (kesucian dari berbuat salah) Nabi SAW dai semua itu. Tetapi hal itu termasuk sesuatu yang mungkin terjadi pada beliau dalam persoalan keduaniaan dan beliau tidak diutus untuknya. Dan sesungguhnya hal seperti ini akan menimpanya dari berbagai penyakit seperti umumnya manusia.

(oleh: tim Klinik Ruqyah Bandung)

1 komentar:

  1. Assalamualaikum bapa ust. H. Maman surahman saya mau cerita sata tinggal di daerah binong jati, kk ipar saya mengalami kelakuan yg sangat aneh dan mengganggu, dia selalu berbicara sndri tentang alam gaib seolah2 seperti ada orang yang mengajakny berbicara, dan lebih aneh nya lagi beliau suka menjahit2 badannya, nusuk dari dengan jarum pentul, peniti , tapi tidak sedikit pun darah kluar, didlm rumh kami memang hawa nya beda, pa ust boleh mnta bantuan pa ust... Terima Kasih pa semoga bpa membaca cerita saya, wasalamammualaikum

    BalasHapus